Home » Uncategorized » AUDIT PRODUKSI BERSIH UNTUK PENGHEMATAN ENERGI DAN BIAYA

AUDIT PRODUKSI BERSIH UNTUK PENGHEMATAN ENERGI DAN BIAYA

Produksi Bersih

Blog Produksi Bersih ini adalah salah satu perwujudan sharing informasi dari Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT

Total Visitor

  • 35,789 Person
July 2011
M T W T F S S
    Oct »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4 other followers


Kegiatan AUDIT PRODUKSI BERSIH UNTUK PENGHEMATAN ENERGI DAN BIAYA ini merupakan kelanjutan sosialisasi dari Proyek Geriap yang merupakan proyek Lingkungan Internasional dalam bidang Perubahan Iklim yang bekerja sama antara UNEP (United Nation Environment Program), SIDA (Sweden International Development Agency) dan perwakilan dari 9 (sembilan) negara dengan 40 (empat puluh) industri. Untuk lingkup Indonesia dilaksanakan olen Asdep Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dengan PTL – BPPT) dan 6 (enam) industri. Program ini telah berjalan sejak tahun 2003 dan telah dilakukan Peluncuran Internasional tentang “Metodologi/ Pedoman Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Industri” di Bangkok pada tanggal 18-20 Januari 2006. Peluncuran yang sama  dilakukan pula di 9 (sembilan) negara peserta dimana untuk Indonesia telah diselenggarakan pada tanggal 7-10 Februari 2006.

Masalah kelangkaan energi di Indonesia telah menjadi isu besar yang perlu ditindak lanjuti. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah usaha penghematan energi. Upaya penghematan energi dapat dilaksanakan dengan menerapkan Metodologi Pedoman Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca di Industri melalui Produksi Bersih

METODE PENURUNAN EMISI GAS RUMAH KACA

Pada program ini, penurunan emisi gas rumah kaca dilakukan dengan cara penerapan produksi bersih, yaitu menurunkan limbah yang keluar dari industri, baik cair, padat dan gas melalui :

A. Melalui Perbaikan Proses Produksi, dilakukan dengan:

§  Peningkatan kinerja peralatan industri dengan cara perbaikan, modifikasi maupun penggantian peralatan.

§  Peningkatan efisiensi dan kinerja peralatan yang menggunakan energi listrik seperti antara lain: motor listrik, kompresor, fan, dilakukan dengan memaksimalkan beban kerja peralatan, menyesuaikan alat yang ada dengan beban yang dibutuhkan pabrik, memperbaiki peralatan yang tidak efisien dan penggantian alat.

§  Sedangkan dalam melakukan perubahan terhadap proses produksi, dilakukan dengan mengganti alat proses yang lebih efisien, merubah kondisi operasi, mengganti bahan baku.

§  Juga dilakukan pemanfaatan kembali limbah yang dihasilkan seperti daur ulang bahan baku, air, kondensat panas, limbah gas buang panas, dll.

§  Pada tahap ini lebih banyak diterapkan opsi-opsi dengan investasi rendah atau tanpa investasi.

B. Melalui Manajemen Produksi dilakukan dengan :

  • Melaksanakan program Good Housekeeping, antara lain: perbaikan kebocoran steam, air, bahan baku, bahan bakar serta perbaikan tata letak peralatan.
  • Melalui Good Housekeeping akan menurunkan emisi gas CO2 atau gas rumah kaca dari industri-industri di Asia Pasifik.
  •  Melalui Program Produksi Bersih (Cleaner Production) di industri yang secara langsung akan menurunkan konsumsi bahan baku industri, air, steam, udara tekan dan limbah serta secara tidak langsung akan menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas CO2 (Gas rumah Kaca). Program ini juga dikenal dengan nama proyek CP-EE (Cleaner Production – Energy Efficiency).

TUJUAN AUDIT.

Memperkenalkan dan melakukan Metodologi Penerapan Produksi Bersih & Efisiensi Energi (CP-EE) pada perusahaan-perusahaan terutama untuk penghematan energi dan biaya. Selanjutnya diharapkan dapat dilaksanakannya audit Produksi bersih untuk energi dan mengembangkan metodologi ini pada sistem proses produksi secara mandiri, sehingga ada penghematan dan ada manfaat secara finansial bagi perusahaan.

SASARAN.

Dapat menurunkan pemakaian energi, bahan baku dan produksi limbah serta emisi gas secara nasional .

METODOLOGI

Metodologi ini didasarkan pada:

  • Strategi Produksi bersih (PB): mencegah timbulnya limbah, pendekatan sistem matematik, terintegrasi kedalam proses bisnis dan bertujuan perbaikan berkelanjutan.
  • Beberapa metodologi yang sudah ada dan audit energi.
  • Pengalaman praktek nyata dari kajian energi yang telah dilakukan sebagai bagian dari proyek GERIAP pada lebih 40 perusahaan industri di Asia.

 TAHAPAN PELAKSANAAN

Perusahaan dapat memperbaiki efisiensi energ mereka melalui Pendekatan 6 tahap Produksi Bersih, antara lain : 1). Perencanaan dan organisasi, 2). pengkajian, 3). Identifikasi Opsi-opsi,

4). Analisis Kelayakan Opsi-opsi, 5). Penerapan dan pemantauan Opsi-opsi 6). Perbaikan Berkelanjutan.

 AUDITOR

Auditor adalah anggauta Kelompok Produksi Bersih, Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Lingkungan (PTL), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang telah mengikuti program Greenhouse Gas Emission Reduction from Industry in Asia Pacific (GERIAP) yang diselenggarakan oleh United Nations Environment Program (UNEP) untuk beberapa industri seperti baja, pupuk, kertas dan pulp serta semen.

WAKTU DAN PELAKSANAAN

Audit dilaksanakan selama 2 bulan termasuk observasi ke lapangan sekaligus melakukan studi kasus untuk beberapa opsi.serta  penyampaian penyerahan laporan hingga selesai selesai.

METODA PELATIHAN MENCAKUP.

1.           Evaluasi awal.

2.           Teori peralatan dan sistem industri

3.           Penyelesaian contoh kasus

4.           Observasi ke industri

5.           Penyelesaian kasus.

6.           Presentasi dari peserta.

7.           Evaluasi akhir.

KUALIFIKASI PESERTA

Peserta minimal berjumlah 30 orang, dapat berasal dari industri, universitas, konsultan dan instansi pemerintah.

BIAYA PELATIHAN

Biaya penyelenggaraan pelatihan ini bergantung pada lokasi dan lama pelaksanaannya. Jumlah biaya dibicarakan lebih lanjut.

Kelompok Produksi Bersih

Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Lingkungan

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Telp 021 316 9715


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: